Senin, 05 Mei 2008

MISI DINAS KESEHATAN PROVINSI PAPUA

MISI DINAS KESEHATAN PROVINSI PAPUA : KAMPUNG SEHAT MENUJU PAPUA BARU SEHAT 2011
Kesehatan masyarakat menjadi prioritas Dinas Kesehatan Provinsi Papua, maka tak pelak dalam menggulirkan program kerjanya Dinas ini mengemban misi mulia, pemberdayaan kesehatan hingga masuk sampai ke pelosok kampung-kampung.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, dr. Bagus Sukaswara mengatakan, sesuai dengan misi Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Papua yaitu Kampung Sehat Menuju Papua Baru Sehat 2011, yang diartikan tahun 2009 mendatang pihaknya membuat berbagai program agar setiap masyarakat selalu mempunyai kesadaran untuk hidup mandiri dan sehat.
Dalam program 2009 mendatang pihaknya akan berupaya melakukan penyediaan, pemeliharaan, dan peningkatan pelayanan sarana kesehatan hingga ke tingkat kampung yang bermutu, merata dan terjangkau.

(Sumber : Papua Pos, 6 Mei 2008)


OPINI

Kesehatan, adalah dasar penilaian tingkat kesejahteraan dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang diakui secara internasional, dan di Provinsi Papua tingkat kesejahteraan dan IPM-nya terendah di Indonesia padahal Otsus sudah bergulir selama 7 tahun. PEMDA PROVINSI PAPUA, TERMASUK DINAS KESEHATAN PROV. PAPUA BERTANGGUNG JAWAB ATAS RENDAHNYA KUALITAS SDM DI PROV. PAPUA !!

Misi yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Prov. Papua sudah cukup baik, namun semuanya tergantung pada IMPLEMENTASINYA di Lapangan. Tingkat kesadaran masyarakat untuk hidup sehat masih rendah, akses dan tersedianya Puskesmas serta dokter umum masih belum menjangkau seluruh pedalaman Papua, dan masyarakat menganggap berobat ke dokter memerlukan biaya yang tinggi.

KERJA KERAS, KERJA CERDAS SERTA KOMITMEN DAN INTEGRITAS MORAL SELURUH APARAT KESEHATAN DITUNTUT UNTUK MEWUJUDKAN PAPUA SEHAT 2011. MASYARAKAT PAPUA MENUNGGU REALISASI PROGRAM KESEHATAN YANG MEMIHAK MASYARAKAT SESUAI AMANAT OTSUS DI PAPUA.

Tidak ada komentar: