Minggu, 16 Maret 2008

MASYARAKAT PNG TETAP MANFAATKAN PASAR TRADISIONAL PERBATASAN RI

MASYARAKAT PNG TETAP MANFAATKAN
PASAR TRADISIONAL PERBATASAN RI

Masyarakat Papua Nugini Guinea (PNG) yang bermukim di perbatasan PNG - RI di Wutung lebih suka berbelanja di pasar tradisional perbatasan Republik Indonesia (RI) wilayah kota Jayapura.
"Kami selalu berbelanja di sini karena harga barang kebutuhan keluarga cukup murahdan letak pasar ini sangat dekat dengan perkampungan kami apalagi warga masyarakat di perbatasan Papua masih memiliki hubungan keluarga dengan masyarakat di perbatasan PNG", kata seorang warga PNG, Gregorius.
OPINI :
Bila diamati dari fakta yang ada, dapat disimpulkan bahwa secara ekonomis barang-barang kebutuhan pokok di pasar tradisional Kota Jayapura lebih murah dibandingkan di PNG. Dampaknya, warga PNG lebih senang berbelanja di pasar tradisional kita..
Hal positif yang dapat kita ambil, yaitu ; Melalui interaksi antara warga negara RI dan PNG ini dapat kita manfaatkan untuk membangun persaudaraan diantara masyarakat kedua negara. Pertukaran informasi yang terjadi akan memperkaya khasanah berpikir dari masyarakat kedua bangsa ini.

Tidak ada komentar: